Rabu, 11 Februari 2015

paralayang PARANGTRITIS pemandangannya sadis (YOGYAKARTA)

Kali ini aku bakal nikmatin kampung halaman dari sisi yang beda banget. Selama ini kalo aku mudik biasa maennya nggak jauh dari ke pantai, makan seafood, dan mandi di pantai.

Tapi kali ini, aku ke parangtritis, salah satu pantai yg paling terkenal di jogja untuk hal yang baru. Melihatnya dari atas tebing, terus lompat dari tebing itu dan menikmati pemandangan dari atas, yap! Paralayang.

Pengalaman kedua terjun paralayang ini sebenernya nggak aku rencanain dari awal pas mau mudik. Kebetulan aja mudik edisi itu diajak ke pantai parangtritis sama babe n keluarga.

Nah pas lagi asik menikmati mandi di pantai, tiba-tiba ada orang yang lagi maen paralayang disana. Padahal selama ini kalo aku kesana nggak pernah tuh ngeliat orang maen paralayang. Pernah sih liat liputan di tv, tapi ya itu doang.

Karena penasaran, aku datangi orang yg abis mendarat di pantai itu. Namanya mas agus. Katanya cuma bulan desember sampe maret aja bisa paralayang di parangtritis. Itu karena angin barat lagi bagus-bagusnya disana. Pas banget arah dan kecepatannya. Hemmm ok2.

Tapi sayang, sore itu angin lagi rada jelek. Katanya kalo terjun kemungkinan bakal cepet turun. So, aku putusin untuk menunda keinginanku. Hari ini mari kita nikmati pantai sepuasnya dulu.. hehee..













Keesokan harinya, hujan mengguyur dari pagi. Tapi jarak rumahku dgn parangtritis sekitar 50 km, jadi aku coba menghubunginya mas agus lewat telpon. Aku tanya keadaan angin siang itu. Katanya dari pagi anginnya bagus, jadi aku janjian jam 1 siang. Aku berangkat dengan dekku dan mbakku. 

Kali ini kebiasaan ngaretku sedikit menguntungkan. Jam 12.30 setelah sholat aku baru berangkat plus makan siang dulu di jalan. Aku bilang minta diundur jadi jam 2, tapi katanya anginnya sekarang lagi nggak stabil. Dia nyaranin untuk datang sekitar jam 4.

Heemmm.. setelah lumayan mikir, akhirnya kami tetep berangkat walopun nggak ada yang bisa jamin nanti jam 4 anginnya udah bagus.

Jam 2, kami udah sampe bantul. Karena merasa bakal nunggu lama, akhirnya kami mampir dulu ke makam raja-raja mataram di imogiri.

Sebagai manusia jogja yang dari lahir udah dijogja (kecuali mbakku yang baru di jogja semenjak kuliah), inilah pertama kali kami kesini. Ternyata lumayan ya perjuangannya. Tangganya buanyak banget. Jadi tempat ini tu makam raja mataram ke 3. Kalo yang pertama dan kedua ada di kotagede.





Pas lagi ngambil nafas setelah naik tangga yang buanyak banget, tiba-tiba mas agus telpon. Padahal itu masih jam 3 kurang. Katanya anginnya udah bagus lagi. Hadeeeh akhirnya setelah istirahat bentar kami turun lagi. 

Sebenernya kalopun angin nggak kunjung membaik kami udah mempersiapkan alternatif lokasi. Yaitu foto-foto di gumuk pasir yang miri ppadang pasir, atau ke pantai Depok buat makan seafood.






Setelah sholat ashar di pom bensin jalan parangtritis, jam 4 kami sampai juga di bukit take off paralayang. Jadi kalo dari pantai parangtritis, lurus aja ke timur ikuti jalan yang naik ke bukit. Sekitar 300 m ada pertigaan, nak belok aja ke kanan. Dari situ masih sekitar 2 km dengan melewati jalan yang super duper terjal banget naiknya.

Setelah persiapan gelar parasut, gubet-gubetin tali di badan, siap untuk terbang, eehh anginnya ngaco. Arah anginnya bukannya dari depan tapi malah dari kanan tebing. Hadeeeh..

Setelah ngoba beberapa kali, parasut nggak bisa mengembang sempurna. Dan akhirnya aku sama mas agus menyerah. Kami sepakat untuk menunggu arah angin berubah dulu.






Setelah menunggu sekitar 30 menit, akhirnya arah angin membaik. Kali ini arah tepat dari arah depan. Dengan persiapan bentar, parasut kami mengembang dengan sempurna daaaan... laaarrriiiiii...

Waaaaawwww nggak butuh lebih dari 10 langkah lari kami sudah melayang di udara. Beneran deh, adrenalin kali ini lebih luar biasa dibandingin paralayang di Bogor. Soalnya ini bener-bener tinggi banget!!



Pemandangan  laut, tebing tinggi, dan pantai dilihat dari terbang ini bener-bener keren banget!!! Walopun ada rasa takut kalo pas anginnya kenceng tapi tetep enjoyyy...

Dan yang bikin puas adalah terbangnya sekitar 20 menit.. uhuuuiii bener-bener nikmatin banget terbang kali ini. Sensasi jauh beda dengan di Bogor. Yang ini ngerasa deg-degannya sampe akhir. 

Oiya, karena anginnya makin lama makin kenceng, akhirnya aku gagal mendarat di tempat yang seharusnya. Aku mendarat jauh sebelum sampai ke tempat pendaratan karena emang angin gede banget jadi susah buat maju. 
Tapi untungnya turunnya nggak di laut, heheee..














Setelah mendarat, kami kembali ke atas tebing untuk menikmati sunset. Bagus banget pemandangannya.




Kesimpulannya, Parangtritis sekarang makin keren ajaa.. sadis..!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar