Rabu, 11 Februari 2015

pikiran jernih di SUNGAI CICATIH (JAWA BARAT)

Inilah kali ketiga aku arum jeram disini, Riam Jeram Sungai Cicatih. Pertama kesini sekitar 4 tahun yang lalu adalah pertama kalinya aku rafting. Waktu itu bener-bener membuat pikiranku segeer. Adrenalin juga kerasa banget pas ngelewatin beberapa jeram. Tapi pas kesini kedua kalinya sekitar 2 tahun yang lalu, perasaan itu memudar. Mungkin karena waktu itu lagi banyak pikiran karena jadi ketua panitia.

Hari itu hari libur. Karena udah bingung mau kemana, akhirnya aku dan 4 sepupuku mutusin untuk rafting disana. Riam jeram ini kalo dari Tangerang sekitar 4 jam. Tempatnya di daerah Sukabumi, di jalan menuju Pelabuhan Ratu. Dari pasar Cibadak belok ke arah Pelabuhan Ratu. Pos riang jeram ada sekitar 30 menit dari situ.

Perjalanan kami mulai jam 5 dari Tangerang. Sekitar jam 6.30 pagi kami sarapan di Ciawi. Dan setelah melanjutkan perjalanan, jam 9 akhirnya kami sampai juga di Riam Jeram. Dari pos pinggir jalan, kami naek truk untuk menuju ke tempat start. Perjalanan pake truk ini sekitar 30 menit.

Dan akhirnya kami mulai juga arum jeramnya. Dan ternyata, kali ini perasaan yang di rafting pertama disini muncul lagi. Pemandangan hijau kanan kiri sungai, tebing tinggi, dan lainnya aku rasakan lagi sangat menyegarkan.

Apalagi kali ini arusnya lumayan deras. Dari 20 jeram yang ada, 2 kali perahu kami terbalik. Hehee sebenernya baru kali ini aku ngerasain perahu terbalik. Biasanya sih jatuh sendiri atow beberapa orang aja.

Rasanya pas jatuh itu emang luar biasa ya. Disaat panik tenggelam di air, pas nyaris kehabisan nafas, dan beberapa saat udah minum aer, pas naek eh malah pas di bawah peragu karetnya. Hadeeh, emang harus tenang dan jangan panik kalo pas situasi kayak gini.

Selama aku rafting di beberapa tempat, emang inilah rafting terextrime yang pernah aku alami. Cicatih juga masih jadi tempat favoritku. Dulu pernah ke sungai Citarik dan sungai Elo Magelang, tapi jujur jeramnya di citatih ini lebih serem jadi adrenalin kadang keluar.

Setelah mengarungi sungai sekitar 3 jam, kami sampai juga di garis finish. Sebenernya disini ada tempat yang buat nginep. Saung-saung khas sunda gitu, tapi untuk saat ini kami memilih untuk langsung pulang.

Kesimpulannya, arum jeram kali bikin seger banget.. pikiran jadi jernih.. sungai citatih emang the best!!